Seandainya Kepolisian RI Berani Melakukan Ini, Dijamin Negeri Kita Aman

Meksiko pecat 10% anggota polisi

Kepolisian federal di Meksiko memecat hampir 10% anggotanya dalam upaya memerangi korupsi.

Tiga ribu dua ratus anggota polisi itu dipecat karena tidak melakukan tugas mereka dengan baik atau terkait korupsi atau kejahatan terorganisasi, kata Komisaris Kepolisian Federal Facundo Rosas.

Rosas mengatakan, lebih dari 1.000 anggota polisi yang lain menghadapi sidang disipliner dan kemungkinan juga akan diberhentikan.

Dia mengatakan mereka yang dipecat tidak akan dibolehkan lagi bekerja sebagai polisi di tingkat lokal, negara bagian maupun tingkat federal.

Lebih dari 4.500 anggota polisi sudah dipecat sejak bulan Mei, kata Rosas, dan banyak diantara mereka didakwa melakukan kejahatan.

Dalam jumpa pers, Rosas mengatakan sebagian dari mereka dituduh oleh bawahan mereka memiliki kaitan dengan kartel narkoba di Kota Juarez, kota yang paling penuh kekerasan di Meksiko.
Tahap pertama

Rosas mengatakan pemecatan ini hanyalah tahap pertama perombakan dalam jajaran kepolisian Meksiko.

Tidak lama setelah mulai menjabat, Presiden Felipe Calderon melancarkan perang besar terhadap kartel-kartel narkoba.

Di banyak daerah di negara itu dia mengerahkan tentara untuk melawan geng-geng penyelundup narkoba walaupun ditentang oleh para pengecamnya.

Tetapi Rosas mengatakan kepolisian federal juga ikut berpran dalam perang melawan obat-obat terlarang.

Dia menambahkan PHK yang sedang berlangsung ini adalah bagian dari strategi untuk membersihkan korps kepolisian dari korupsi dan membuat 34.500 anggotanya lebih bisa diandalkan, karena mereka merupakan bagian integral dari aparat keamanan negara itu.

Perang melawan kartel-kartel narkoba sudah memakan 25.000 korban jiwa sejak Calderon berkuasa tahun 2006.

POLRI ?

POLRI ga mesti melakukan seperti yg meksiko lakukan kalo mmg dirasa tidak perlu melakukan hal tersebut, paling tidak SEMANGAT dalam hal pemberantasan korupsinya patut dicontoh. POLRI harus segera melakukan tindakan nyata/kongkrit dalam memberantas serta mencegah praktek korupsi yg terjadi di institusinya.

Berdasarkan komen2 agan, ada yg bilang bahwa sebenarnya POLRI sudah melaksanakan pembersihan di institusinya, hanya saja, supaya perubahannya terlihat signifikan oleh masyarakat, maka perlu usaha extra luar biasa dari jajaran pimpinan POLRI supaya POLRI menjadi lebih baik..., terutama yg berkenaan KORUPSI, baik korupsi tingkat tinggi ataupun kelas teri (pungli2).

gw ga memungkiri, begitu banyak polisi yg bener2 profesional dalam tugasnya. oleh karenanya gw berharap POLRI bisa benar2 mereformasi diri dgn totalitas sebagai salahsatu bentuk 'penghargaan' kepada mrk yg tlh bekerja profesional. pasti mereka yg bersih akan 'sakit hati' bila kinerja mrk dikotori oleh oknum2 tdk bertanggungjawab.
karena nila setitik, rusak susu sebelanga