Inilah Pria Pemburu Tiket Bekas Selama Piala Dunia

Jakarta - Piala Dunia, di manapun digelar, selalu meninggalkan kesan mendalam buat fans yang datang langsung ke stadion. Selain suvenir jersey dan syal, yang paling diburu kolektor tentu saja tiket pertandingan.

Hal itu pula yang dilakukan Coen, seorang warga negara Belgia yang saya temui di area Loftus Versveld Stadium usai laga Amerika Serikat kontra Aljazair, Rabu (23/6/2010).

Coen terlihat sedikit mencolok di antara ribuan fans yang ada di sana. Dia sama sekali tak memakai atribut-atribut AS atau Aljazair, berdiri di salah satu gerbang keluar, dia membawa karton kecil bertuliskan "I collect used match tickets".

"Ya, saya memang mengumpulkan tiket-tiket pertandingan Piala Dunia. Ini untuk koleksi pribadi saya saja," sahut Coen ramah meladeni ajakan ngobrol dari detiksport.

Coen memulai hobinya mengumpulkan tiket bekas Piala Dunia itu sudah sejak lama. Untuk Afrika Selatan 2010 ini, dia sudah memiliki sekitar 20-an tiket bekas pertandingan. Total koleksinya sudah mencapai ratusan.

Meski yang dia cari cuma tiket bekas yang tak lagi bisa digunakan, tapi bukan berarti perjuangan pria tersebut mudah. Banyak penonton yang memilih untuk menyimpan tiket pertandingan yang sudah mereka saksikan, karena mereka pun ingin memelihara bukti pengalaman berharganya itu, bahwa Piala Dunia hanya datang empat tahun sekali.