Ini Benar-benar Sepeda Raksasa, Mau Coba?

ARNHEM, KOMPAS.com — Hanya dua kata, luar biasa. Pernahkah Anda berpikir ikut jelajah Surabaya-Jakarta menggunakan sepeda ini?

Benar-benar sensasional. Bahkan, sepeda dengan ban raksasa buatan Wouter Van den Bosh (29) yang berasal dari Arnhem, Belanda, ini langsung mendapat perhatian pengunjung saat ditayangkan di situs jejaring Youtube.

"Videoku setiap hari diunduh hampir 600.000 pengunjung. Benar-benar sulit untuk dibayangkan sebelumnya," kata Van den Bosh.

Gagasan Van den Bosh membuat sepeda dengan ban raksasa ini didasari pemikiran yang muncul saat dia memasuki tahun terakhir untuk mendapat gelar magister seni. "Kira-kira enam bulan yang lalu. Saya ingin membuat sesuatu yang bermakna," katanya.

Akhirnya, Bosh membuat contoh gambar sepeda. Insinyur mesin ini membangun sepeda seberat 450 kilogram dengan ban raksasa atau ban traktor selama lebih kurang tiga bulan.

Untuk menopang dan menjalankan roda raksasa tersebut, rangka sepeda dibuat dari tabung baja.

"Semua bahan yang saya gunakan untuk membuat sepeda tersebut hasil dari sumbangan teman-teman dan perusahaan," katanya.

Agar ringan dalam mengayuh sepeda ciptaannya, Bosh memasang alat bantu yang digerakkan secara mekanis. "Dengan begitu, ketika kita mengayuh, sepeda ini tidak terasa berat," kata Bosh.



Walau mengundang perhatian, sepeda buatan Bosh ini juga mengundang beberapa umpatan dari para pengguna jalan.

"Ketika saya pertama menggunakan sepeda tersebut, beberapa orang terlihat takjub. Tapi ada juga orang yang memaki saya karena mengganggu perjalanan mereka," kata Bosh sambil tertawa.