Balapan Mobil Pedal Yang Unik di Inggris

Balapan Mobil Pedal Yang Unik di Inggris

Mobil pedal atau mobil yang dikayuh dengan kaki seperti sepeda menjadi alat transportasi yang unik. Bukan hanya itu, di Inggris ternyata mobil unik ini secara rutin dilombakan adu cepat. Kalau mobil valap mengandalkan kehebatan mesin dan kepiwaian pengemudi, mobil ini juga mengutamakan kekuatan fisik pembalapnya.

Ruas jalan sepanjang 1,4 kilometer di kawasan Ringwood, Inggris, baru-baru ini, mendadak semarak dengan kehadiran 45 peserta lomba adu cepat mengendarai mobil pedal. Aneka ragam warna serta bentuk mobil bertenaga pedal dihadirkan masing-masing peserta dari seantero Inggris.
Saat tanda dimulainya lomba berbunyi, maka parade mobil-mobil unik dimulai. Di menit-menit awal, tak sedikit peserta yang belum terbiasa dengan mininya ukuran mobil. Ditambah lagi sulitnya medan, yakni lintasan yang berbelok-belok dan masuk ke dalam area pemukiman warga. Namun berkat semangat tinggi, mereka mampu meningkatkan kemampuan, menyalip lawan, dan tiba di pit untuk bertukar posisi dengan rekan tim.
Stamina yang baik menjadi faktor penting di perlombaan ini. Kurang konsentrasi menyebabkan peserta tidak bisa mengendalikan mobil dengan baik dan akibatnya menabrak pagar lintasan. Peserta lain bahkan ada yang menyerah karena kerusakan roda mobil.

Kompetisi tahun ini akhirnya menelurkan juara baru, yakni tim Apollo Racing. Kekompakan mereka berbuah sebuah trofi dan uang ribuan poundsterling.