ANEH, Peringati Perang Dunia II dengan Berciuman

ilustrasi
Para warga AS sering memperingati sesuatu dengan cara yang meriah dan kreatif. Sekelompok orang akan berkumpul untuk berciuman di Times Square, New York. Selain itu, mereka juga memainkan lagu pemakaman militer hari Sabtu (14/8/2010) lalu di seluruh negeri.

Semua itu untuk memulai peringatan kepada generasi Perang Dunia Kedua. Pada tahun ini genap 65 tahun peringatan yang disebut orang AS sebagai V-J Day, yaitu kemenangan atas Jepang yang mengakhiri perang pada tahun 1945.

Ide peringatan itu muncul dari foto Alfred Eisenstaedt yang memotret pelaut tak dikenal mencium perawat Edith Shain di Times Square. Aksi ciuman itu akan dilakukan di samping patung pasangan setinggi 7,5 meter.

Shain meninggal Juni lalu pada usia 91 tahun sebelum melihat kampanye peringatan tersebut selesai seluruhnya. Kongres telah menyetujui peringatan itu pada Juli lalu.

”Shain menjadi terkenal karena foto itu dan ingin menyebarkan semangat tersebut,” ujar Warren Hegg, salah seorang pengawas gerakan "Menjaga Semangat 45".