Ajaib, Gempa 7,1 SR Tak Ada Korban yang Tewas!

CHRISTCHURCH - Perdana Menteri Selandia Baru John Key mengungkapkan keheranannya sekaligus bersyukur. Bagaimana tidak, gempa berkekuatan 7,1 skala richter yang meluluhlantakan Kota Chirstchurch sama sekali tidak menelan korban jiwa.

"Ini adalah keajaiban. Tidak ada yang tewas," ujar John Key, saat meninjau lokasi kejadian di Kota Chirstchurch, seperti dikutip Reuters, Minggu (5/9/2010). Namun diakuinya, memang terdapat warga yang mengalami luka ringan hingga luka parah.

Dia mengatakan, sebagian dari alasan kota besar lolos luka karena gempa terjadi sebelum fajar, di mana warga banyak yang melakukan aktivitas di luar gedung.

"Jika ini terjadi lima jam sebelumnya atau lima jam kemudian (ketika banyak orang adalah di kota itu), maka akan terjadi pembantaian mutlak kehidupan manusia," katanya, kepada TV One News Sunday.

Profesor Geologi Mark Quigley dari Universitas Canterbury menjelaskan, gempa itu disebabkan oleh tabrakan antara lempengan di Pasifik. "Lempengan Pasifik tabrakan dengan lempeng tektonik Australia," kata Quigley.(okezone.com)