[TIPS PENTING] Tips Menumbuhkan rasa Percaya Diri

Berikut ini tips-tips menumbuhkan rasa percaya diri

1. Perhatikan Postur Tubuh – seperti yang saya katakan tadi, ketidak’PD’an bisa diketahui dari gerak-gerik kita. Gerak-gerik, seperti sikap duduk atau sikap berdiri dapat memancarkan pesan tersendiri kepada orang-orang di sekitar kamu. Jika kepercayaan diri yang terpancar, kamu akan mendapat tanggapan positif dari orang lain. Dan hal ini pasti akan memperbesar rasa percaya diri kamu. Jadi, mulai sekarang perhatikan sikap duduk atau sikap berdiri untuk menunjukan bahwa kamu memiliki rasa percaya diri.

2. Bergaulah Dengan Orang-Orang Yang Memiliki Rasa Percaya Diri Dan Berpikiran Positif – Lingkungan membawa pengaruh besar pada seseorang. Tidak jarang kita meniru apa yang dilakukan oleh teman-teman kita. Jika kamu terus menerus berbaur dengan orang yang memiliki rasa rendah diri, pengeluh dan pesimis, seberapa besarpun percaya diri yang kamu miliki, perlahan tapi pasti akan pudar dan terseret mengikuti lingkungan kamu. Sebaliknya, jika kamu dikelilingi orang-orang yang penuh kebahagiaan dan percaya diri, makan akan tercipta pula atmosfir positif yang membawa keuntungan bagi diri kamu.

3. Ingat Kembali Saat Anda Merasa Percaya Diri – Percaya diri adalah sebuah perasaan, dan jika kamu pernah merasakannya sekali, tak mustahil untuk merasakannya lagi. Mengingat kembali pada saat dimana kamu merasa percaya diri dan terkontrol akan membuat kamu mengalami lagi perasaan itu dan membantu meletakan kerangka rasa percaya diri itu dalam pikiran.

4. Latihan – Kapanpun kamu ingin merasakan rasa percaya diri, kuncinya adalah latihan sesering mungkin. Bahkan kamu dapat membawanya dalam tidur. Dengan kemampuan yang terlatih, kamu tak akan kesulitan menampilkan rasa percaya diri kapanpun itu dibutuhkan.

5. Kenali Diri Sendiri – Pikirkan segala hal tentang apa yang kamu sukai berkenaan dengan diri sendiri dan segala yang kamu tahu dapat kamu lakukan dengan baik. Jika kamu kesulitan melakukan ini, ingat tentang pujian yang kamu peroleh dari orang-orang – Apa yang mereka katakan – kamu melakukannya dengan baik? Sebuah gagasan bagus untuk menuliskan semua ini, hingga kamu bisa melihatnya lagi untuk mengibarkan rasa percaya diri kapanpun kamu membutuhkan inspirasi.

6. Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri – Jangan terlalu mengkritik diri sendiri, jadilah sahabat terbaik bagi diri kamu. Namun, saat seorang teman sedang melalui masa sulit, kamu tak akan mau terlibat dalam masalahnya hingga menguras emosi kamu sendiri kan? Tentu saja kamu tak mau. Pebicaraan yang positif dapat berubah jadi senjata terbaik untuk menaikan rasa percaya diri, jadi pastikan kamu menanam kebiasaan ini, jangan biarkan permasalahan orang lain membuat kamu jadi terpuruk.


7. Jangan Takut Mengambil Resiko – Jika kamu seorang pengambil resiko, kamu pasti akan temukan kalau tindakan ini mampu membuahkan rasa percaya diri. Tak ada yang lebih bermanfaat dalam menumbuhkan rasa percaya diri layaknya mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman. Selain itu, tindakan ini juga berfungsi bagus untuk mengurangi rasa takut kamu akan hal-hal yang tak kamu ketahui, plus bisa dari pembangkit rasa percaya diri yang luar biasa.

Lebih dari segalanya, selalu ingatlah bahwa kamu memiliki bakat dan kemampuan. Pastikan kamu selalu melakukan yang terbaik untuk semua itu dan inilah yang akan jadi batu loncatan terbaik untuk membangun rasa percaya diri yang tak tergoyahkan.