Lelang Monumen Jend. Sudirman Diminati Asing

Pacitan - Kawasan Wisata Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman di Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan diupload di sebuah situs lelang internet. Warga asing pun meminatinya.

"Beberapa orang warga asing menyatakan berminat," kata Andi Buwono, juru bicara ahli waris Roto Suwarno, Minggu (18/7).

Menurutnya, proses munculnya lelang di blog internet hendaknya jangan dilihat secara parsial. Tetapi harus dilihat secara keseluruhan. Mulai dari awal proses pembangunan. Di mana pihak keluarga merasa statusnya tidak jelas. "Prinsipnya kenapa kami lelang, karena tidak ada upaya penyelesaian yang baik," jelas Andi.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, sebenarnya pihak keluarga sudah memberi toleransi kepada pemerintah melalui Pemkab Pacitan. Hanya saja, setelah ditunggu-ditunggu hingga kini tidak membuahkan hasil. Karena merasa masih merupakan hak keluarga, kawasan bersejarah tersebut ditawarkan dalam lelang senilai Rp 36 milyar.

Sejak 29 Mei 2010, dua situs internet dengan alamat http://lelangbendaantik.blogspot.com/ dan http://dilelang.multiply.com melelang patung Jenderal Sudirman. Meski ditaruh di situs lelang, namun pihak keluarga Roto Suwarno membantah jika bermaksud menjualnya. "Kalau dilelang, kita umumkan secara terbuka. Ini kan hanya kita taruh di situs itu saja," terang Andi Buwono.