Lucu Gan, Macet di China Panjangnya Sampai 100 Km

Mau tahu, berapa kilometer panjangnya kemacetan yang terjadi di Beijing? Jaraknya mencapai 100 km, ribuan kendaraan setiap hari selama 9 hari mengalami traffic jam, mulai 14 Agustus lalu.

Kejadian itu berlangsung di jalan tol Beijing-Tibet. Pemicunya, menurut laporan koran Global Times terbitan Selasa (24/8/2010) ini, akibat meningkatnya kendaraan berat pengangkut barang yang hendak menuju ke kota. Diperparah lagi adanya perbaikan jalan selama lima hari.

Menurut koran tersebut, kemacetan itu telah menumbuhkan ekonomi kecil bagi kota Jining lantaran pedagang mengasongkan dagangannya kepada para pengemudi truk. Mereka menjual makanan dan minuman dengan harga yang tinggi.

Di China, jalan raya yang menghubungkan Beijing dengan provinsi utara Heibi dan Mongolia sekarang ini sangat rentan akan kemacetan. Sebab, truk-truk pengangkut barang jalan untuk mengantar kiriman milik lebih dari 20 juta orang.

Gejala kemacetan itu sudah dimulai sejak Juni dan Juli. Kendaraan merayap pelan, sangat pelan, dan sampai akhirnya berhenti. Diharapkan, pertengahan bulan depan kemacetan sudah bisa terurai, tidak dalam waktu sekarang karena masih ada perbaikan jalan.

Kini, Pemerintah China sedang mengerjakan jalan arteri khusus buat jalur penyuplai produksi, batu bara, dan barang lainnya ke Beijing.(kompas.com)