Sedih gan, Koin 500an Jadi Bahan Souvenir di Luar negeri

Sedih juga nih gan ane baca beritanya :berduka:
masak duit rupiah kita malah di jadiin bahan souvenir ata kerajinan tangan di luar negeri :marah:
di selundupin lagi :berduka
semoga ini jadi perhatian bagi pemerintah kita yak

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengungkapkan bila banyaknya uang koin yang hilang ditengarai karena kurang peduli dari masyarakat terhadap koin, sehingga terjadi penyelundupan oleh negara lain, malajh dijadikan bahan dasar untuk membuat kerajinan tangan.

"Koin ini selain nilainya kecil di mata masyarakat, juga rawan diselundupkan," kata Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi saat mengisi diskusi Forum Wartawan Perdagangan, di Aula Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (2/9/2010).


Hal ini dibenarkan oleh Direktur Peredaran Uang Bank Indonesia (BI) Ery Kurniawan yang mengatakan bila dari 30 koin yang dikeluarkan BI, hanya 20 yang kembali ke BI.

Menurut Tulus, penyelundupan koin ini sudah sering terjadi. "Sudah terjadi ke beberapa negara tetangga, bahkan polisi sudah sering mendapatkan dan menghentikan kasus tersebut," tambahnya.

Dikatakan Tulus, bahwa penyelundupan koin dari Indonesia ini terjadi karena material yang digunakan untuk membuat koin rupiah tersebut sangat bagus. "Karena materialnya bagus, di luar negeri banyak digunakan untuk bahan dasar kerajinan tangan," jelas Tulus.